Hotel Paling Dekat Olimo, Pilih Mana?

Olimo terkenal karena dekat ke mana-mana sehingga semuanya jadi mudah. Apakah anda ingin menginap atau sedang mencari hotel di sekitar kawasan Olimo? Dari pengalaman dan ditambah hasil penelusuran kami, setidaknya ada 8 hotel yang lokasinya benar-benar paling dekat dengan Olimo. Kalau mau agak jauh sedikit ada lebih banyak hotel tetapi yang akan kita review kali ini adalah yang paling dekat. Dengan demikian hanya berjalan kaki saja sudah sampai ke Olimo. Asyik bukan?

 

Hotel dekat Olimo Mangga Besar Jakarta Barat
Beginilah suasana siang hari di kawasan Olimo - Mangga Besar, Jakarta Barat. Tampak cukup lengang tidak seperti biasanya. Kemungkinan foto ini diambil di hari minggu. Image: Google Street View 2019.

Apa sih Olimo itu? Olimo sebenarnya adalah sebuah area di perempatan lampu merah yang menghubungkan atau mempertemukan Jalan Hayam Wuruk - Jalan Mangga Besar dan seberangnya Jalan Gajah Mada. Boleh dibilang termasuk jalan raya utama di ibukota bahkan bisa macet dan ramai sekali. Kadang orang juga menyebutnya "lampu merah Olimo" karena di perempatan jalan raya ini memang ada lampu merahnya (traffic light)

 

Kata "Olimo" itu sendiri diambil dari nama sebuah perusahaan Belanda yakni NV. Olimo. Bergerak di bidang bisnis impor spare part mobil, aksesoris mobil, pelumas (gemuk), minyak, cat, dsb. Berkantor pusat di 121 Molenvliet Oost, Batavia - Java (sekarang ya Jakarta). Cabangnya ada di Bandung, Surabaya dan Medan. Gedungnya pas berada di tikungan arah masuk dari jalan hayam wuruk ke mangga besar. Tentu saja sekarang sudah lenyap dan entah sudah berapa kali dibangun gedung baru. 

 

Karena saking terkenalnya perusahaan ini pada zamannya, hingga kini orang masih mengenal daerah itu dengan julukan "olimo". Tak terkecuali mulai dari halte bus, lampu merah atau bahkan halte pemberhentian bus TransJakarta memakai embel-embel nama "olimo". Uniknya, ada penjual makanan minuman yang menggunakan embel-embel olimo juga. Sebut saja misalnya "bubur olimo", "restoran padang olimo", "bakmi olimo", dsb. Semua warga Jakarta yang bermukim di sekitar kawasan kota tua atau tukang ojek, supir bajaj, pengemudi angkot pasti semua tahu yang namanya Olimo. Jadi sangatlah disayangkan kalau anda belum pernah ke sini.

 

Ada Apa di Olimo, Mangga Besar?

 

Ada apa di Olimo? Mengapa banyak orang suka ke sini atau memilih menginap di sekitar Olimo? Jawabannya karena Olimo identik dengan Mangga Besar. Olimo adalah depannya sedangkan Mangga Besar adalah sepanjang jalan raya hingga tembus ke ujung ke Jalan Gunung Sahari Raya. Kalau bicara Mangga Besar sudah pasti bicara hiburan, liburan dan surga kuliner bagi banyak warga Jakarta. Apalagi ketika era sebelum reformasi 1998 tiba di mana dunia hiburan malam di kawasan ini begitu spektakuler di Asia Tenggara. Semua pasti tahu yang namanya Olimo atau Mangga Besar. Ayo, siapa yang pernah atau suka main ke Mangga Besar? Jangan-jangan lagi mau ke Mangga Besar ya? Makanya cari hotel yang dekat Olimo.


Tenang Kawan! Di bawah ini adalah daftar nama-nama hotel yang berada di kawasan Olimo. Kami urutkan dari yang paling dekat yang hanya berjalan beberapa langkah kaki. Yang paling jauh pun sebenarnya cukup dekat. Beberapa mungkin perlu menyeberang jalan raya atau melewati jembatan penyeberangan. Harap jangan langsung menyeberang jalan raya kecuali dari perempatan lampu merah Olimo itu sendiri. Bahaya tertabrak mobil motor yang bisa sangat ramai dan melaju kencang apalagi di malam hari. Terutama untuk anda yang menginap dengan anak kecil atau mengajak orang tua lanjut usia. Pokoknya berhati-hati saja ya! Fasilitas penyeberangan tersedia yang terkoneksi dengan halte bus TransJakarta.

 

Hotel Paling Dekat Olimo, Mangga Besar


SANTIKA PREMIERE HAYAM WURUK

 

Dekat lampu merah Olimo. Jalan kaki keluar hotel belok kiri sudah kawasan Olimo tembus ke Mangga Besar. Status hotel bintang 4 dengan jumlah kamar tersedia sekitar 271 kamar. Harga menginap termurah yang pernah kami dapatkan sekitar Rp 523.000-an per malam. Tentu saja mahal atau murah harga kamar sangat tergantung fasilitas layanan seperti sarapan atau non sarapan, tipe kamar, promo, musim liburan (peak of peak season) serta di agen perjalanan atau website mana kita membeli/memesan voucher hotel. 


Santika Premiere Hayam Wuruk ****

Jl. Hayam Wuruk 125, Mangga Besar - Taman Sari

Jakarta Barat 11180

Telepon: (021) - 2600818

Website: https://www.mysantika.com

Panduan peta lokasi: klik di sini

 

MERCURE JAKARTA KOTA

 

Pas di samping atau bersebelahan dengan Santika Premiere Hayam Wuruk. Jalan kaki ke arah Olimo juga selangkah. Dulu hotel ini sempat bernama Mercure Rekso Hayam Wuruk. Hotel bintang 4 dengan tarif kamar termurah yang pernah kami telusuri Rp 408.000-an per malam. 

 

Mercure Jakarta Kota ****

Jl. Hayam Wuruk 123, Mangga Besar - Taman Sari 

Jakarta Barat 11160

Telepon: (021) - 6248680

Website: https://www.all.accor.com

Panduan peta lokasi: klik di sini


AMARIS HOTEL MANGGA BESAR

 

Bintang 2. Lokasinya agak masuk ke jalan raya Mangga Besar. Meski demikian hotel ini boleh dibilang termasuk yang paling dekat dengan kawasan Olimo. Bisa berjalan kaki kok. Satu grup hotel dengan Santika Premiere Hayam Wuruk dari Kompas Gramedia Group. Tarif nginap per malam yang pernah kami dapatkan adalah sekitar Rp 320.000-an.


Amaris Hotel Mangga Besar ** 

Jl. Raya Mangga Besar 7-11, Mangga Besar - Taman Sari 

Jakarta Barat 11180

Telepon: (021) - 6262908

Website: https://www.amarishotel.com

Panduan peta lokasi: klik di sini

 

EVERYDAY SMART HOTEL

 

Bintang 2. Lokasinya pas di seberang Amaris Hotel Mangga Besar. Jadi harus menyeberang jalan atau memutar balik jika mengendarai kendaraan. Kecuali anda datangnya dari arah Lokasari. Hotel ini termasuk salah satu yang dekat dengan kawasan Olimo. Harga kamar nginap per malam yang pernah kami dapatkan sekitar Rp 308.000-an. Warna gedung hotel cukup mencolok dengan warna cerah kuning hijau biru dengan adanya gambar logo matahari.

 

Everyday Smart Hotel **

Jl. Raya Mangga Besar 20, Mangga Besar - Taman Sari 

Jakarta Barat 11180

Telepon: (021) - 6006688

Website: https://www.everydaysmarthotels.com

Panduan peta lokasi: klik di sini

 

ANTONI HOTEL

 

Status bintang 3. Arah hotel tidak ke jalan Mangga Besar Raya tetapi ke arah Hayam Wuruk yang mau Monas atau Pasar Baru. Termasuk hotel yang paling dekat dengan kawasan Olimo. Berjalan kaki juga memungkinkan sekali. Dari luar mungkin hotel ini sulit terlihat kecuali harus masuk ke dalam deretan ruko. Tarif per malam termurah yang pernah ditawarkan sekitar Rp 252.000 per kamar.


Antoni Hotel ***

Jl. Hayam Wuruk 111 FG, Maphar - Taman Sari

Jakarta Barat 11160

Telepon: (021) - 62306301

Website: -

Panduan peta lokasi: klik di sini

 

GRAND PARAGON JAKARTA

 

Hotel bintang 3 ini berada di seberang jalan yakni Jalan Gajah Mada. Jadi harus menyeberang jalan raya. Hotel bertarif sekitar Rp 280.000-an per malam ini menyediakan kurang lebih 171 kamar. Termasuk salah satu hotel terdekat dengan kawasan Olimo. Jalan kaki juga oke. 

 

Grand Paragon ***

Jl. Gajah Mada 126, Keagungan - Taman Sari 

Jakarta Barat 11130

Telepon: (021) - 29073333

Website: https://www.grandparagonjakarta.com

Panduan peta lokasi: klik di sini

 

NOVOTEL JAKARTA GAJAH MADA

 

Status hotel bintang 4. Sebenarnya agak jauh karena berada di Jalan Gajah Mada. Harus menyeberang jalan raya. Meski demikian hotel ini juga sering dijadikan tempat menginap bagi mereka yang ingin berliburan di sekitaran Olimo. Hotel bertarif sekitar Rp 603.000-an ini masih satu manajemen dengan Holiday Inn & Suites Gajah Mada yakni Accor Group. 

 

Novotel Jakarta Gajah Mada ****

Jl. Gajah Mada 188, Glodok 

Jakarta Barat 11120

Telepon: (021) - 29367777

Website: https://www.all.accor.com

Panduan peta lokasi: klik di sini


THE JAYAKARTA SP JAKARTA HOTEL & SPA

 

Biasa dikenal dengan nama "Jayakarta Hotel". Hotel ini hotel lama dan sangat terkenal. Sudah beroperasi jauh sebelum semua hotel yang kami sebutkan di atas. Harga menginap yang pernah ditawarkan kepada kami sekitar Rp 339.000-an per malam. Sekali lagi tergantung di mana tempat kita memesan kamar, masa promo, fasilitas, tipe kamar serta musim liburan. Hotel ini berstatus bintang 4. Posisinya satu deretan jalan dengan Santika Premiere Hayam Wuruk atau Mercure Jakarta Kota yang juga sudah kami sebutkan di atas. Meski agak jauh namun termasuk salah satu hotel yang dekat Olimo. Jalan kaki pun sangat memungkinkan baik dari sisi jalan raya atau memutar dari belakang.


The Jayakarta SP Jakarta Hotel & Spa ****

Jl. Hayam Wuruk 126, Glodok - Taman Sari

Jakarta Barat 11180

Telepon: (021) - 29632300

Website: https://www.jayakartahotelsresorts.com

Panduan peta lokasi: klik di sini

 

Yang Manakah Hotel Terbaik Dekat Olimo?

 

Setiap orang pasti punya pengalaman atau selera yang berbeda-beda. Silakan anda memutuskan sendiri berdasarkan review, saran atau pendapat yang barangkali sudah ditambahkan oleh rekan-rekan lainnya lewat kolom komentar. Kalau ada yang terbaik dari semua di atas, silakan berikan review anda ya. Selamat berliburan di Jakarta dan menikmati kawasan Olimo sekitarnya!

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar